Selasa 20 Oct 2015 12:06 WIB

PGN-Pemprov Kepri Kerja Sama Pemanfaatan Gas Natuna

Kepulauan Natuna
Foto: anna-world.com
Kepulauan Natuna

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan bekerja sama memanfaatkan gas bumi di Kepulauan Natuna.

Kepala Komunikasi Korporat PGN Irwan Andri Atmanto di Jakarta, Selasa (20/10) mengatakan, pihaknya telah bertemu Pemprov Kepri di Tanjung Pinang, Senin (19/10).

Hadir dalam pertemuan tersebut Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Djoko Saputro. Keduanya membahas rencana kerja sama pengembangan infrastruktur dan pemanfaatan gas dari Natuna untuk dimanfaatkan di Kepri terutama Batam, Bintan, dan Karimun sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ).

Menurut Irwan, berdasarkan pemetaan sementara, permintaan gas di Batam antara lain untuk memenuhi kebutuhan 104 galangan kapal, di Karimun, sudah ada nota kesepahaman dengan penyedia pembangkit listrik swasta, dan di Bintan untuk industri pariwisata dan kelistrikan.

Sementara, Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana mengatakan, potensi cadangan gas yang cukup besar di Kepri selama ini tidak dinikmati rakyat setempat."Gas di Natuna yang dialirkan melalui pipa ke Singapura sudah beroperasi lebih dari 14 tahun dan sudah mencapai nilai keekonomiannya, sehingga kini saatnya memberikan kontribusi kepada rakyat Kepri," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu sinergi dengan PGN, sehingga penyaluran gas ke Kepri bisa terealisasi.Selain Batam dan Bintan, Agung juga meminta PGN memberi porsi yang sama terhadap Kabupaten Karimun dalam pengembangan infrastruktur gas dari Natuna itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement