Kamis 15 Oct 2015 18:30 WIB

Rudiantara Minta Perbankan dan Operator Duduk Bersama Bahas E-Money

Peluncuran layanan Tcash TAP oleh Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Kamis (15/15)
Peluncuran layanan Tcash TAP oleh Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Kamis (15/15)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara minta jajaran perbankan dan operator telekomunikasi duduk bersama terkait layanan uang digital atau e-money.

'' Jangan tarik-tarikan lagi antara perbankan dengan operator. Silakan duduk bersama, bahas masalahnya secara bersama-sama, dibagi-bagi (saja potensi pasar yang ada), " kata Rudiantara usai meluncurkan New Tcash Telkomsel di Jakarta, Kamis (15/10).

Rudiantara mengingatkan bahwa pasar layanan uang digital masih sangat luas. Ia menunjuk penduduk Indonesia yang telah memiliki rekening di perbankan tercatat sekitar 70-an juta. Sementara jumlah pelanggan layanan seluler di Indonesia yang memiliki unique account diperkirakan sekitar 170 juta dari sekitar 300 nomor pelanggan seluler.

Dari fakta itu, pasar yang disasar baik oleh kalangan perbankan maupun operator sebenarnya masih sangat terbuka lebar. Pengguna Telkomsel layanan mobile wallet TCah sendiri sekitar 20-an juta, dari pelanggan Telkomsel yang diperkirkan 150-an juta.

Menkominfo berharap baik operator maupun kalangan perbankan duduk bersama memikirkan binis layanan uang digital. Bila keduanya saling tarik-tarikan, hal itu justru akan mengundang pertanyaan dari masyarakat.

Rudiantara juga mendukung pengembangan layanan mobile wallet, seperti Tcash hingga ke pelosok di Indonesia. Ia menyebut pengemangan layanan Tcash akan ikut membantu registrasi pelanggan layanan prabayar dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement