Ahad 11 Oct 2015 13:05 WIB

Transaksi di Pasar Saham Indonesia Melonjak

Rep: Risa Herdahita/ Red: Nidia Zuraya
Layar menunjukkan pergerakan saham di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI),
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Layar menunjukkan pergerakan saham di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus bergerak positif jelang dan pasca pengumuman Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III oleh pemerintah. Selama periode 5-9 Oktober 2015, IHSG mengalami penguatan 9,07 persen ke level 4.589,344 poin dibandingkan penutupan pekan sebelumnya yang berada di level 4.207,799 poin.

Reaksi positif pelaku pasar juga ditunjukkan melalui rata-rata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia yang kembali meningkat. Tercatat peningkatan itu sejauh 35,8 persen, yaitu menjadi Rp 6,65 triliun dari Rp 4,89 triliun pada sepekan sebelumnya.

"Sejalan dengan tren positif itu, rata-rata volume transaksi harian juga mengalami kenaikan 12,29 persen dan rata-rata frekuensi harian mengalami penguatan 27,03 persen," jelas Sekretaris BEI, Irmawati Amran, dalam keterangan resmi yang diterima REPUBLIKA, Ahad (11/10).

Katanya, momentum positif penguatan IHSG juga sejalan dengan kembalinya dana investor asing yang mencatatkan beli bersih di pasar saham dalam lima hari terakhir. Selama sepekan terakhir, investor asing kembali mencatatkan net buy Rp 2,26 triliun. Itu meski secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat net sell Rp 10,99 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement