Sabtu 03 Oct 2015 06:10 WIB

Pelemahan Rupiah Jangan Sampai Timbulkan Krisis

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah di angka Rp 14.160.
Foto: Reuters
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah di angka Rp 14.160.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah yang terus melemah saat ini jangan sampai menimbulkan krisis. "Pada pemerintahan di masa lalu, pelemahan nilai tukar rupiah yang melemah sangat ekstrim dapat menimbulkan krisis," kata Fadli di gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (2/10).

Menurut Fadli Zon, krisis itu ada beberapa macam seperti krisis moneter, krisis kepercayaan, hingga krisis kepemimpinan. Pelemahan nilai tukar yang terjadi saat ini, kata dia, jangan sampai terus berlanjut hingga menimbulkan krisis. "Apalagi, jika sampai menimbulkan krisis kepemimpinan. Hal ini jangan sampai terjadi," katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menjelaskan, pemerintah sudah dua kali menerbitkan paket kebijakan ekonomi, tapi tapi belum meningkatkan kepercayaan pasar terhadap pemerintah. Menurut dia, hal ini terlihat dari nilai tukar rupiah yang masih melemah.

Fadli berharap, Pemerintah dapat bekerja lebih keras dan melahirkan kebijakan yang tepat untuk menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement