Selasa 01 Sep 2015 15:57 WIB

Rizal Ramli Ingin Nelayan Manfaatkan Teknologi

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Teguh Firmansyah
 Rizal Ramli
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Rizal Ramli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengharapkan kemajuan teknologi saat ini dimanfaatkan juga untuk mendukung kemajuan rakyat Indonesia.

"Teknologi harus bisa bermanfaat untuk rakyat, kalau tidak, mohon maaf teknologi hanya mainan buat elite. Saya ingin teknologi yang bermanfaat untuk rakyat," ujarnya saat penandatangan MoU Kerja Sama Survei dan Observasi serta Berbagai Pakai Data dan Informasi kelautan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Gedung BPPT Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (1/9.

Teknologi, kata ia, dapat digunakan nelayan untuk memantau keberadaan ikan. Seperti penggunaan data satelit yang bisa merekam pergerakan ikan.

"Jadi kami minta, tolong berpikir out of the box, kira-kira orang biasa perlunya data seperti apa, jangan dilihat dari kacamata ahli, tapi dari kacamata rakyat biasa misalnya petani, atau nelayan, atau bisnis, dari data ini apa sih yang bermanfaat," lanjut Rizal.

Ia mencontohkan, data dari BMKG yang sudah pasti memiliki manfaat besar, namun bagi sebagian orang Indonesia belum menyadarinya.

Rizal yakin, jika sudah terbiasa mengecek kondisi cuaca setiap pagi, hal ini akan menjadi kebiasaan yang normal dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement