Kamis 20 Aug 2015 06:08 WIB

Mayoritas Anggota Parlemen Jerman Setujui Bailout Yunani

Rep: RR Laeny Sulistiawati/ Red: Teguh Firmansyah
Yunani gelar referendum setelah gagar bayar utang ke IMF.
Foto: Currencies.co.uk
Yunani gelar referendum setelah gagar bayar utang ke IMF.

REPUBLIKA.CO.ID,   BERLIN--Sebagian besar anggota parlemen Jerman memilih untuk menyetujui kesepakatan bailout (dana talangan -red) bagi Yunani. Total ada 413 anggota yang mendukung, sementara 113 menolak, dan 18 abstain.

Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble sebelumnya memperingatkan parlemen keputusan menentang bantuan senilai 8 6miliar euro itu sangat tidak bertanggung jawab.

Seperti dilansir BBC, Kamis (20/8), saat ini bantuan tahap awal sebesar 25 miliar euro sedang dipersipakan untuk membantu pembayaran utang Yunani dan juga merekapitalisasi bank di sana.

Yunani harus memenuhi kewajibannya untuk melakukan pembayaran utang kepada Bank Sentral Eropa pada Kamis ini.

Sebelum pemungutan suara, hampir 60 anggota parlemen telah mengindikasikan mereka akan memilih menyetujui kesepakatan ini. Namun sejumlah anggota dari blok konservatif pimpinan Kanselir Angela Merkel terbagi dalam kesepakatan ini.

Total ada 47 anggota parlemen yang tidak menghadiri sesi pemungutan suara. Diperkirakan mereka adalah anggota blok konservatif yang tidak setuju, namun mencoba menghindari konflik dengan sang kanselir.

Sementara, Schaeuble di awal sebelum pemungutan suara mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa mereka harus memberikan Yunani kesempatan awal baru meski tak ada jaminan ini akan berhasil. Padahal sebelumnya ia juga menjadi salah satu kritikus paling keras dari partai sayap kiri yang memegang pemerintahan Yunani, Syriza.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement