Kamis 30 Jul 2015 21:36 WIB

Pelindo III Raih Dua Penghargaan Lingkungan Hidup

Gubernur Jatim Soekarwo menyerahkan pengharaan lingkungan hidup kepada kepada Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rahmat Satria
Gubernur Jatim Soekarwo menyerahkan pengharaan lingkungan hidup kepada kepada Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rahmat Satria

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur berlangsung DI Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (30/7). Dalam acara ini PT Pelindo III mendapat penghargaan lingkungan hidup.

Pada peringatan yang dipimpin langsung Gubernur Jawa Timur Soekarwo ini, Pelabuhan Tanjung Wangi di Banyuwangi dan Terminal Teluk Lamong di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya mendapat penghargaan lingkungan hidup untuk kategori  Industri Pelaksana Pelaporan Pengelolaan Lingkungan Hidup Secara Konsisten Tahun 2015.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jatim kepada Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Rahmat Satria dan General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi Bangun Swastanto.

Penghargaan juga diberikan kepada 14 pelestari lingkungan lingkungan hidup, 151 sekolah peraih penghargaan Adiwiyata, 28 pemenang Desa/Kelurahan Berseri, dan 5 kabupaten/kota pemenang penghargaan Penyusun SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah), yakni Kota Surabaya dan Pasuruan,  serta Kabupaten Lumajang, Lamongan, dan Malang.

Rahmat Satria mengatakan bahwa Pelindo III membangun Terminal Teluk Lamong sebagai greenport (pelabuhan berkonsep hijau) pertama di Indonesia. "Untuk menjaga lingkungan di sekitar pelabuhan, kami melakukan berbagai aksi dengan berkoordinasi dengan BLH, misalnya penanaman ribuan mangrove dan pemberdayaan masyarakat sekitar pelabuhan," jelas Rahmat.

"Selain konsisten melapor, format RKL/RPL Pelabuhan Banyuwangi pun sudah sesuai dengan standar BLH. Kami juga rutin melakukan pemantauan lingkungan, seperti kualitas baku mutu air dan udara untuk menjaga agar tetap di atas ambang batas kondisi baik," tambah Bangun Swastanto terkait usaha pelestarian lingkungan di instansinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement