Senin 27 Jul 2015 22:07 WIB

Agustus, Pertalite Didistribusikan di DIY

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas sedang mengisi tangki dengan Bahan Bakar Non Subsidi jenis Pertalite saat uji pasar di SPBU, Jakarta, Jumat (24/7).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas sedang mengisi tangki dengan Bahan Bakar Non Subsidi jenis Pertalite saat uji pasar di SPBU, Jakarta, Jumat (24/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA – Pertalite akan didistribusikan di DIY mulai Agustus 2015. Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY Siswanto mengatakan sudah ada surat edaran dari Pertamina perihal Pertalite mulai diberlakukan di DIY Agustus.

Namun dia belum tahu tepatnya tanggal berapa Pertalite mulai didistribusikan. "Dalam surat edaran hanya tertulis Agustus," tuturnya, Senin (27/7).

Saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi dan memetakan SPBU mana yang sudah siap menjual Pertalite. Menurut dia, SPBU yang bisa menjual Pertalite yang mempunyai dua tanki pendam seperti halnya SPBU miliknya yang berada di Wonosari. "SPBU Wonosari sudah siap mendistribusikan Pertalite, sedangkan  SPBU yang berada di Godean belum siap mendistribusikan Pertalite karena hanya tankinya  paralel," tutur Siswanto yang memiliki dua SPBU.

Di DIY ada sebanyak 95 SPBU dan dia memperkirakan hanya sekitar 10 SPBU yang siap mendistribusikan Pertalite terutama yang berada di jalan protokol dan strategis. Menurut dia, untuk memasang tanki  baru biayanya sekitar Rp 100 juta, sedangkan dispensernya sekitar Rp 300 juta, belum lagi untuk pengadaan tanahnya, tuturnya. Dia mengaku pemberlakuan Pertalite terlalu mendadak. Meskipun demikian mau tidak mau Pertalite di DIY akan didistribusikan mulai Agustus ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement