Senin 27 Jul 2015 18:19 WIB

Indonesia-Cina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Satya Festiani
Ketua Parlemen Cina Yu Zhengseng
Foto: uselectionatlas.org
Ketua Parlemen Cina Yu Zhengseng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (27/7) di Jakarta menerima delegasi Parlemen Cina yang dipimpin ketuanya, Yu Zhengseng.

Tim Komunikasi Presiden menginformasikan, pertemuan dua pemimpin lembaga tinggi negara dari dua negara berbeda ini bertujuan untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama, terutama di bidang ekonomi. Selain Menteri Sekretaris Negara, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia berharap Cina meningkatkan nilai investasinya khususnya di bidang pembangunan infrastruktur, energi dan pariwisata. Pada semester I 2015, nilai investasi RRT di Indonesia mencapai 160,2 juta dolar AS.

Sebelum bertemu dengan Presiden, rombongan parlemen RRT telah bertemu dengan Ketua DPR RI dalam kesempatan yang berbeda. Dalam pertemuan tersebut, kedua pimpinan parlemen sepakat mendukung upaya pemerintah masing-masing untuk meningkatkan kerjasama.

Pada 2014, nilai perdagangan bilateral antar dua negara mencapai 48,23 miliar dolar AS, sedangkan nilai investasi Cina pada tahun yang sama tercatat sebesar 800 juta dolar AS untuk 501 proyek. Pemerintah kedua negara sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral pada 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement