Jumat 24 Jul 2015 03:21 WIB

Wal-Mart Beli Perusahan Cina

Rep: C33/ Red: Julkifli Marbun
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart
Raksasa ritel Amerika Serikat Walmart

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Perusahaan waralaba asal Amerika Serikat Wal-Mart baru saja membeli perusahaan pemasaran online Yihaodian.com yang berasal dari Cina.

Investasi yang dilakukan Wal-Mart manargetkan pertumbuhan penjualan di Tiongkok, khususnya di pasaran online. Pasalnya Wal-Mart menghadapi persaingan ketat dalam hal penjualan online. Wal-Mart pun terpaksa harus menerima penurunan laba akibat hal itu.

Langkah berani Wal-Mart mengakuisisi perusahaan Tiongkok tidak datang begitu saja. Wal-Mart berani membeli Yihaodian.com setelah pernyataan pemerintah Tiongkok yang mengizinkan kepemilikan penuh dari perusahaan asing kepada bisnis online. Hal itu diyakini pemerintah Tiongkok akan meningkatkan investasi asing dan pembangunan sektor kompetitif.

Menurut kepala penjualan online Wal-Mart Neil Ashe, kombinasi perusahaannya dengan Yihaodian bisa menghasilkan keuntungan berlipat."(Yihaodian) pengalaman lokal digabung kekuatan global Walmart bisa menciptakan harga lebih murah bagi produk yang dibutuhkan pelanggan," ujarnya seperti dilansir Reuters.

Ia meyakini kerja sama kedua perusahaan secara khusus bisa memecah rantai distribusi menjadi lebih cepat. Alhasil produk yang diinginkan pelanggan bisa dihadirkan lebih cepat dan murah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement