Kamis 23 Jul 2015 07:21 WIB

Hutan Jambi Siaga Kebakaran

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih
Kebakaran hutan dan lahan di Desa Buruk Bakul, Bengkalis, Riau, Jumat (13/2).
Foto: Antara
Kebakaran hutan dan lahan di Desa Buruk Bakul, Bengkalis, Riau, Jumat (13/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim kemarau 2015 menyulut sejumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah Indonesia. Pantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut, saat ini hutan di Jambi sudah di tahap siaga bencana Karhutla.

"Karena itu kita terus monitoring, apresiasi juga ke Polda dan masyarakat yang turut menjaga kondisi hutan di Jambi," kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Rabu (22/7).

Dia mengatakan hutan di Jambi hampir sama dengan Kalimantan Barat. Titik-titik api berlokasi di tepi-tepi kampung. Oleh karena itu, kekuatan masyarakat setempat dalam melakukan pencegahan karhutla sangat dibutuhkan.

Kepada wartawan, Menteri Siti pun menyinggung soal kebakaran hutan seluas 30 hektare di Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat. Kebakaran yang telah berhasil dipadamkan dalam waktu dua hari tersebut disebabkan alang-alang di daerah tersebut kering lantas menyulut api.

"Jadi memang itu daerah terbuka. Sebagian cagar alam, luarnya alang-alang," ujarnya. Kemungkinan alang-alang yang kering tertiup angin dan mengobarkan api. Namun ia bersyukur api dapat padam dengan segera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement