Ahad 19 Jul 2015 16:44 WIB

Telkom Terus Pantau Layanan Komunikasi Selama Lebaran

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas sedang mengecek jalur telekomunikasi di ruangan Network Operation Center Telkomsel,Jakarta, Selasa (7/7).
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Petugas sedang mengecek jalur telekomunikasi di ruangan Network Operation Center Telkomsel,Jakarta, Selasa (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Frekuensi berkomunikasi menggunakan alat telekomunikasi kerap naik menjulang selama Lebaran. PT Telkom Indonesia Tbk memastikan jaringan telekomunikasi tidak akan bermasalah selama libur Lebaran.

Direktur Utama PT Telkom Indonesia Alex J Sinaga mengatakan, infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang prima menjadi komitmen Telkom. "Kami terus melakukan monitoring dan pemantauan selama 24 jam serta berkoordinasi dengan ROC Telkom yang tersebar di seluruh Indonesia dan NOC anak perusahaan,” kata dia, Ahad (19/7).

Alex menambahkan, dengan mengusung tema Delivering Service Excellence, Posko TelkomGroup RAFI 2015 akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya pelanggan dengan service level guarantee hingga 99,99 persen dan waktu penanganan gangguan kurang dari 3,5 jam. Semua layanan seperti gangguan dan pasang baru tetap akan dilayani meski pada hari libur Lebaran.

Melalui Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2015, TelkomGroup memastikan infrastruktur network dan access dalam kondisi optimal pada saat RAFI dengan fokus di area Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness & Massive Crowds (PREMIUM). TelkomGroup melakukan peningkatan alat produksi, pembangunan dan upgrade BTS serta penyediaan layanan Wifi.

Agar kualitas layanan selalu stabil, TelkomGroup melakukan monitoring khusus terhadap layanan pelanggan prioritas  serta melakukan koordinasi untuk penanganan dengan segera, jika terjadi gangguan. Adapun layanan pelanggan prioritas yang menjadi fokus TelkomGroup adalah layanan publik, lembaga pemerintah, bandara, pelabuhan dan stasiun.

TelkomGroup juga melakukan monitoring terhadap 29 CCTV Polri dan 31 CCTV Kementerian Perhubungan untuk memantau arus mudik yang berada di jalur-jalur vital. Selain itu, untuk memastikan kesiagaan layanan di seluruh Indonesia, TelkomGroup mengoperasikan 72 posko regional yang tersebar di 7 area operasional Telkom di seluruh Indonesia.

Adapun Telkomsel sebagai entitas anak dari Telkom telah mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM  yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mal, tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data. Telkomsel juga menghadirkan Posko Siaga dimana pada posko ini tersedia berbagai layanan seperti penjualan pulsa dan kartu perdana, layanan aktivasi paket data, dan berbagai layanan gratis khusus untuk pelanggan Telkomsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement