Sabtu 18 Jul 2015 11:43 WIB

Yunani Sudah Dapat Memulai Perbaiki Perekonomiannya

Rep: C32/ Red: Julkifli Marbun
PM Yunani Alexis Tsipras
Foto: antara
PM Yunani Alexis Tsipras

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Yunani dan kreditor-kreditornya kini sudah bisa secara formal mulai berbicara tentang pemberian jaminan ketiga untuk negaranya. Hal tersebut dapat dilakukan setelah parlemen zona Eropa memberikan dukungannya untuk Yunani.

Seperti yang dilansir oleh BBC, Jumat (17/7), Kepala Eurogroup menyatakan saat ini sudah bisa menjadi kesempatan Yunani untuk mulai mengembalikan keadaan ekonominya. Namun, Jeroen Dijsselbloem memperingatkan proses tersebut tidak akan mudah.

Sementara itu, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras sudah melakukan reshuffle kabinetnya. Hal tersebut ia lakukan sehari setelah beberapabanggota sayap kiri Partai Syriza memberontak terkait kesepakatan dana talangan Yunani.  

Selain itu, Parlemen Jerman memilih berpihak kepada kesepakatan bailout untuk Yunani. Dalam kesepakatan tersebut, pemberian dana jaminan untuk Yunani sebesar 86 miliar euro dengan 439 anggota parlemen yang memberikan suaranya dan 40 suara abstain.

Diketahui, Yunani sebelumnya sudah menyetujui syarat dari zona eropa untuk menerima dana talangan tersebut. Negara tersebut diminta untuk melakukan penghematan walau beberapa pihak Yunani ada yang tidak menyetujui syarat kesepakatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement