Kamis 09 Jul 2015 09:46 WIB

Mendag Dorong Petani Lakukan Penjualan Langsung

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mendorong petani di sentra produksi cabai Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Jawa Barat untuk melakukan penjualan langsung ke pasar sehingga petani dapat menjual dan mempromosikan hasil panennya.

"Kementerian Perdagangan akan melakukan upaya-upaya untuk mempromosikan harga cabai atau harga tomat. Kalau ketika pada saat turun, misalnya kita melakukan penjualan langsung kepada konsumen dari sentra-sentra yang ada. Jadi berbagai macam cara 'marketing' (pemasaran) akan kita lakukan dengan melibatkan Bulog," katanya di sela-sela kunjungan kerja dan penjualan perdana perdagangan antarpulau sentra cabai, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (9/7).

Ia mengatakan ke depan promosi yang dilakukan, yakni para petani tersebut dapat langsung berdagang dan berinteraksi dengan konsumen sambil menjelaskan tentang tanaman cabe dan proses produksinya.

"Seperti itu akan kita dorong sehingga konsumen juga akan memahami dan akhirnya kita harapkan nanti sama-sama bisa meningkatkan petani akan bisa meningkatkan kualitas karena ada keinginan, bisa mendengar keinginan konsumen langsung dan konsumen akan bisa memberikan apresiasi kepada hasil pertanian," ujarnya.

Melalui komunikasi langsung dengan konsumen, petani bisa mendengarkan harapan konsumen akan produk pertanian yang ingin dibeli sehingga memberikan masukan positif bagi peningkatan produktivitas petani.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement