Jumat 03 Jul 2015 20:21 WIB

JK Dorong Kementerian dan Pemda Percepat Infrastruktur

Wapres Jusuf Kalla
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wapres Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong berbagai kementerian dan pemerintah daerah untuk mempercepat berbagai proyek infrastruktur agar kinerja perekonomian di Tanah Air meningkat.

"Selalu masalah pokoknya adalah mendorong menteri dan pemda untuk mempercepat infrastruktur," kata Jusuf Kalla, Jumat (3/7).

Sebelumnya, Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) menyambut baik rencana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat proses lelang tender berbagai proyek infrastruktur.

Menurut Sekjen Gapensi Andi Rukman Karumpa, dengan percepatan itu, ia berharap pembangunan fisik berbagai proyek sudah dimulai pada Januari 2016. Selain itu, ujar dia, perbaikan sistem lelang tender pekerjaan infrastruktur itu akan membuat waktu pengerjaan akan lebih panjang.

"Jadi, kita juga kerjanya tidak terburu-buru yang berakibat pada kualitas proyek," katanya.

Ia berpendapat, belajar dari jadwal tender sebelumnya, sangat banyak proyek yang belum tergarap memasuki semester kedua. Akibatnya, realisasi anggaran juga berlangsung lambat dan berakibat pada rendahnya serapan anggaran bagi pertumbuhan ekonomi.

Gapensi memperkirakan dengan jadwal ini, maka dampak stimulus anggaran pemerintah akan segera terasa pada pada kuartal I-2016. Sehingga siklus melambatnya pertumbuhan, lanjutnya, pada kuartal pertama yang kerap terjadi tiap tahun juga dinilai dapat terhentikan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement