Jumat 03 Jul 2015 15:56 WIB

Ekonomi Terpuruk, Ini yang Diminta Kadin ke Pemerintah

Rep: Sonia Fitri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (kadin), Suryo Bambang Sulisto
Foto: palingaktual.com/google
Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (kadin), Suryo Bambang Sulisto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah diminta untuk memulihkan dan menjaga kepercayaan guna memulihkan perekonomian nasional yang masih betah di posisi lemah. Kondisi lemah ini ditandai dengan permintaan dan produksi yang kompak menurun.

"Produk-produk pun banyak yang tidak bisa terjual, pada akhirnya berdampak pada pendapatan masyarakat," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto  ditemui seusai acara pada Kamis malam (2/6).

Daya beli masyarakat yang menurun, kata dia, terkait dengan sulitnya mendapatkan akses barang karena distribusi yang bermasalah. Situasi makin parah ditambah maraknya pemutusan hubungan kerja dan harga yang fluktuatif bahkan cenderung mengalami kenaikan.

Selain menjaga kepercayaan publik, upaya pemulihan bisa dilakukan pemerintah yakni dengan membuat kebijakan yang mempermudah peningkatan daya beli masyarakat. Selanjutnya, perlu pula menggugah perusahaan agar jangan sampai melakukan PHK. "Intinya semua berkaitan dengan kepercayaan terhadap kebijakan pemerintah yang mendukung," ujarnya.

Dan sektor perbankan pun, harus dilakukan gerakan untuk membantu dunia usaha. Utamanya dalam  bantuan akses pendanaan agar keberlangsungan usaha kecil dan menengah terjamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement