REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indosat menjadi pendukung layanan Payment Gateway untuk memperluas akses kepersertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terutama bagi segmen masyarakat Bukan Penerima Upah (BPU).
“Layanan Dompetku dari Indosat menjadi satu-satunya media pembayaran elektronik (e-money) melalui perangkat seluler selain perbankan operasional BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Group Head Mobile Financial Services Indosat Randy Pangalila, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/7).
Dalam Nota Kesepahaman (MoU) dengan BPJS Ketenagakerjaan awal Mei 2015 lalu, ujarnya, menjadikan Indosat menjadi satu-satunya mitra dari sektor telekomunikasi.
Sebagai langkah awal, Indosat telah dipercaya menjadi Payment Point Online Banking (PPOB), sebuah layanan pembayaran tagihan secara online dan real time.
Indosat juga menghadirkan layanan SMS Center 2757 untuk melayani pendaftaran nasabah baru dan pengecekan saldo pelanggan BPJS Ketenagakerjaan. Hanya dengan mengirimkan SMS dengan kode tertentu yang dapat diakses mengunakan seluruh kartu seluler Indosat, baik IM3, Mentari, Matrix maupun kartu Indosat Business.
Indosat juga mendukung penuh komunikasi internal pegawai BPJS Ketenagakerjaan dengan menyediakan layanan closed-user-group (CUG) yang memberikan bebas telepon antarsesama karyawan yang menjadi anggota sehingga komunikasi dan koordinasi karyawan BPJS Ketenagakerjaan dapat optimal dengan biaya yang efisien.
Saat ini, Indosat sedang mempersiapkan layanan jaringan tertutup atau connectivity dan layanan dedicated internet untuk mendukung operasional BPJS Ketenagakerjaan.
“Dengan sinergi layanan Dompetku, SMS Center 2757, komunikasi antar karyawan closed-user-group dan layanan lain yang sedang kami persiapkan akan berdampak positif berupa pengalaman terbaik bagi seluruh nasabah BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Randy.
Proses pendaftaran dan pembayaran BPJS sudah dapat diakses oleh seluruh pelanggan Dompetku dan pelanggan seluler Indosat melalui *789#, pilih pembelian, lalu pilih BPJS Ketenagakerjaan.