Kamis 02 Jul 2015 05:00 WIB

Beli Tiket Kereta Api Secara Online Bisa Pakai Kartu CIMB Niaga

Rep: c87/ Red: Satya Festiani
CIMB Niaga Bank (illustration)
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
CIMB Niaga Bank (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam hal transaksi online tiket kereta api melalui situs kartu CIMB Niaga. Penandatanganan dilakukan Head of Cards and Merchant Business CIMB Niaga Bambang Karsono Adi dengan Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito di Graha CIMB Niaga Jakarta, Rabu (1/7).

Bambang menjelaskan, pertumbuhan bisnis melalui perangkat elektronik (e-commerce) sangat pesat. Sehingga memberikan peluang bisnis yang besar bagi PT KAI dan CIMB Niaga.

Menurut situs Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada kuartal IV-2015 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 83,7 juta. Sales volume internet diperkirakan mencapai Rp 150 triliun. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai 123 juta pengguna dengan total sales volume sebesar Rp 278 triliun di akhir 2018.

Bambang menjelaskan, pembelian tiket kereta api secara online melalui situs CIMB Niaga merupakan layanan untuk mempermudah pemegang kartu CIMB Niaga dalam memesan tiket kereta api. Hal itu juga merupakan wujud dukungan kepada pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Menurutnya, kerja sama dengan PT KAI merupakan lanjutan sekaligus melengkapi kerja sama sebelumnya dalam hal pembayaran tiket kereta api melalui CIMB Clicks dan ATM CIMB Niaga.

"Dengan mengunjungi situs kartu CIMB Niaga dapat membeli tiket kereta api secara online, memilih tujuan, mengatur jadwal keberangkatan, reservasi kursi, hingga melakukan pembayaran dengan kartu kredit maupun kartu debit CIMB Niaga," jelas Bambang di sela-sela acara tersebut.

Selain itu, pemegang kartu kredit CIMB Niaga juga mendapatkan fasilitas cicilan dan pembelian tiket dengan Poin Xtra. Ke depan, CIMB Niaga juga akan meluncurkan fitur lain seperti pembelian tiket hotel, pesawat, maupun travel. Hal itu diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh terhadap kebutuhan nasabah.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengatakan, bagi PT KAI pengembangan fitur ini merupakan penambahan kanal penjualan tiket melalui jalur e-commerce. Kerja sama tersebut diharapkan meningkatkan penjualan tiket kereta api secara keseluruhan. Serta memperkuat keberadaan PT KAI dalam mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

"Dengan semakin banyak kanal untuk membeli tiket, akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tiket kereta api tanpa perlu hadir ke stasiun," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement