Rabu 24 Jun 2015 00:15 WIB

Belanja di Alfamart Makin Gampang Pakai Aplikasi AlfaGift

Rep: c16/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang pegawai membenahi rak produk UMKM di dalah satu outlet minimarket Alfamart di Jalan MH. Thamrin, Cikokol, Tangerang, Kamis (9/4).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Seorang pegawai membenahi rak produk UMKM di dalah satu outlet minimarket Alfamart di Jalan MH. Thamrin, Cikokol, Tangerang, Kamis (9/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu jaringan warlaba terbesar di Indonesia, Alfamart, baru saja meluncurkan layanan baru melalui aplikasi AlfaGift.  President Director Alfamart Hans Prawira mengatakan peluncuran aplikasi yang memanfaatkan layanan internet ini semakin memudahkan konsumen dalam berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"AlfaGift merupakan salah satu wujud perkembangan dari Alfamart," kata Hans disela peluncuran AlfaGift di Toko Alfamart Meruya Selatan 3 Jakarta, Selasa (23/6).

Hans menjelaskan, aplikasi ini sengaja dirancang untuk menyasar segmen yang akrab dengan teknologi terutama bagi pengguna smartphone berbasis Android. Selama ini, sebagian besar konsumen Alfamart dalam mengakses informasi dan melakukan aktivitas berbelanja masih menggunakan model tradisional.

Hans menilai, pasar pengguna smartphone sangat berpotensi untuk digarap. Mengingat, Indonesia berada pada peringkat keempat untuk pengguna smartphone terbanyak di Asia. Artinya, jika fitur-fitur dalam smartphone dimanfaatkan maka bisa mengoptimalkan sarana pemasaran.

Sementara, Marketing Manager Alfamart Linda Valentin mengatakan Alfamart menyadari betul selain offline, dunia digital dan online memiliki pasar yang berbeda. Linda mengakui, dunia digital dan online banyak didominasi oleh para generasi muda. Maka secara tidak langsung, sasaran awal pengguna AlfaGift juga dari kalangan muda.

Namun, menurut Linda, kedepannya Alfamart tetap berkomitmen untuk melebarkan sayap dengan menyasar pengguna smartphone dari berbagai kalangan seperti kaum ibu dan kaum bapak. Melalui aplikasi AlfaGift, Linda yakin Alfamart dapat meraih kalangan yang lebih luas.

Sebabnya, dengan fitur Messages yang terdapat di AlfaGift memungkin Alfamart untuk bersentuhan langsung dengam pelanggan secara personalize di dunia maya. Fitur ini akan mengirimkan penawaran spesial melalui pesan sesuai profil konsumen. Pesan akan dikirinkan sesuai gender, usia dan agama konsumen.

Kedepannya, Alfamart menargetkan akan melaunching aplikasi AlfaGift untuk pengguna smartphone berbasis iOS. peluncuran rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Juli tahun ini. Sebelumnya, Alfamart juga telah meluncurkan situs belanja online di dunia maya lewat www.alfaonline.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement