Rabu 10 Jun 2015 21:16 WIB

Kurs Rupiah Hari ini Menguat, tapi...

Rep: C91/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
  Petugas menghitung uang pecahan rupiah di layanan nasabah Bank BNI, Jakarta, Jumat (13/3).
Foto: Antara
Petugas menghitung uang pecahan rupiah di layanan nasabah Bank BNI, Jakarta, Jumat (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, menguat 0,24 persen pada perdagangan hari ini, Rabu, (10/6). Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), kurs tengah rupiah sekarang ada di level Rp 13.329 per dolar AS, sebelumnya Rp 13.362 per dolar AS.

Bila dibandingkan dengan kurs tengah pada Jumat pekan lalu, rupiah ada di level Rp 13.320 per dolar AS. Sedangkan dilihat dari data Bloomberg Dollar Index, rupiah justru melemah 0,21 persen ke Rp 13.336 per dolar AS pada pukul 11.12 WIB.

Sejak 3 Juni, baru hari ini dolar sedikit menguat. Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Peter Jacob menyatakan, BI terus masuk ke dalam pasar dan melakukan intervensi.

"Kita intervensi terus untuk membuat smooth volutility-nya. BI ketika intervensi bisa misalnya ada permintaan dolar yang tinggi ya kita juga dolar, tapi misalnya membuat harga harga SBN kita juga bisa intervensi dengan membeli SBN," jelasnya kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta.

Meski begitu, Peter menegaskan BI tak menargetkan satu level tertentu. Menurutnya, sebenarnya rupiah tak terlalu banyak bergerak, tapi kondisi perekonomian global yang mempengaruhi pergerakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement