Jumat 05 Jun 2015 18:26 WIB

Indonesia Resmi Minta Gabung OPEC Lagi

Rep: c85/ Red: Esthi Maharani
Logo OPEC
Logo OPEC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia secara resmi menyuarakan keinginannya untuk bergabung kembali ke dalam Organisasi Negara Eksportir Minyak Dunia (OPEC). Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menghadiri undangan “6th International Seminar OPEC” yang dilaksanakan pada 3-4 Juni 2015 di Hofburg Palace, Vienna, Austria.

Sudirman secara resmi menyampaikan rencana Indonesia untuk bergabung kembali ke dalam OPEC kepada Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem el-Badri serta kepada beberapa negara utama anggota OPEC.

“Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada hari Jumat, 5 Juni 2015 untuk membahas rencana Indonesia ini," jelas Sudirman di Vienna, Jumat (5/5).

Sudirman menjelaskan, saat ini status Indonesia adalah suspended sejak tahun 2009.

Menanggapi rencana Indonesia ini, anggota-anggota utama OPEC yang sudah ditemui menyatakan dukungan penuh terhadap keinginan Indonesia untuk bergabung kembali dalam OPEC karena Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC.

“Aktifnya kembali Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi. Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC," ujar Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement