Rabu 03 Jun 2015 09:09 WIB

Telkom Bantu UKM Pasarkan Produk Online

Perajin UKM (ilustrasi)
Foto: nenygory.wordpress.com
Perajin UKM (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meluncurkan program Kampung UKM Digital untuk menyasar wilayah kampung sentra usaha kecil menengah (UKM).

“Konsep Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern,” ungkap Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam rilisnya, Rabu (3/6).

Salah satu proyek awal yang telah diresmikan adalah Kampung Keranggan Goes Digital milik Koperasi Cipta Boga  Kampung Keranggan, Setu Kota Tangerang Selatan.

Dukungan Telkom terhadap pengembangan UKM Kampung Keranggan, imbuh Awaluddin, sejalan dengan program Pemkot Tangerang Selatan berupa pengembangan Ecowisata Cisadane.

Di Kampung Keranggan terdapat 200-an warga yang menjalankan bisnis makanan ringan seperti kripik pisang, enye singkong, opak, rengginang, dan lain-lain. Model produksi dan pemasaran yang dijalankan masih tradisional, dihimpun di galeri Koperasi Cipta Boga.

“Melalui program Kampung Keranggan Goes Digital ini, diharapkan pemasaran produk yang selama ini mengandalkan offline, kini bisa dilakukan online. Pelaku UKM Kampung Keranggan dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan Telkom, seperti BosToko, Jarvis-Store, blanja.com dan www.smartbisnis.co.id ,” lanjut Awaluddin.

Menyadari tantangan terberat dalam mentransformasi dari system pemasaran offline menjadi o-line atau pemanfaatan internet, Telkom menyediakan Broadband Learning Center (BLC) di dalam Galeri UMKM Koperasi Cipta Boga. Melalui BLC ini, pendampingan dan edukasi pemanfaatan internet dapat dilakukan.

“Telkom juga mengangkat “Wira Penggerak IT UKM” dari salah seorang tokoh pemuda Kampung Keranggan untuk memudahkan proses sosialisasi,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement