Sabtu 30 May 2015 05:23 WIB

Jeddah akan Menjadi Kota Pintar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Jeddah (ilustrasi)
Foto: www.eramuslim.com
Jeddah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Pemerintah Arab Saudi sedang membuat proyek untuk menjadikan Jeddah sebagai Kota Pintar. Rencananya, proyek pembangunan Kota Pintar ini akan dimulai pada 2016 dengan dana sekitar SR 27 miliar.

Pemimpin Jeddah Pangeran Mishaal mengatakan nantinya Jeddah akan dijadikan sebagai tujuan wisata utama di Timur Tengah. Rencananya, pemerintah setempat akan membangun bandara baru yang dirancang modern dan memiliki teknologi terbaik. Tak hanya itu, pembangunan sektor pariwisata bahkan sudah dimulai tahun ini.

"Proyek ini diperkirakan selesai pada akhir 2020 dan sistem transportasi publik baru akan dibuka pada 2022 setelah melalui rangkaian uji coba keamanan," ujar Pangeran Mishaal dilansir Arab News, Sabtu (30/5).

Pangeran Mishaal juga telah membuat kesepakatan dengan investor untuk membangun proyek lalu lintas air, mulai dari membangun terowongan, jembatan, jalan raya, dan saluran pembuangan serta pengolahanm limbah. Proyek tersebut diperkirakan mencapai SR 1,276 miliar.

Menurutnya, pemerintah telah mengalokasikan SR 7 miliar untuk membangun pengolahan limbah yang terintegrasi dengan industri dan pelabuhan. Tak hanya itu, pemeritah setempat juga akan membangun Jeddah Islamic Port dengan dana sekitar SR 800 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement