Sabtu 30 May 2015 06:23 WIB

Setelah Ramadan, Arab Saudi Miliki Kereta Api Cepat

Rep: rizky jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Rencana pembangunan proyek rel kereta cepat Haramain High Speed Rail
Foto: www.e-architect.co.uk-
Rencana pembangunan proyek rel kereta cepat Haramain High Speed Rail

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Arab Saudi telah menyelesaikan 60 persen pembangunan proyek rel kereta cepat Haramain High Speed Rail. Rencananya jalur kereta api cepat yang menghubungkan Madinah ke Rabigh tersebut akan di uji coba setelah Ramadan.

Dilansir Arab News, Sabtu (30/5), pembangunan proyek jalur kereta api cepat tersebut dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama menghubungkan Madinah dan Rabigh, yang akan resmi beroperasi pada akhir 2015. Sedangkan tahap kedua dengan rute Jeddah-Makkah beroperasi pada awal 2016.

Saat ini, pekerja konstruksi sedang menyelesaikan pembangunan jembatan untuk pembangunan jalur kereta api cepat  tahap kedua. Saudi Railways Organization telah bekerja sama dengan Saudy Electricity Company dan  National Water Company untuk memberikan fasilitas di setiap stasiun yang dilalui.

Saudi Electricity Company telah menandatangani kontrak dengan sejumlah perusahaan lokal dan asing, untuk penyediaan listrik dalam proyek pembangunan kereta cepat tersebut. Nilai kontrak yang ditandatangani pada 2011 tersebut mencapai SR 1,75 miliar. Kerja sama tersebut meliputi penyediaan enam transimisi listrik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement