Rabu 27 May 2015 14:30 WIB

Rakornas TPID Tegaskan Tiga Hal Penting Ini

Presiden Joko Widodo.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakornas TPID) VI, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (27/5). Jokowi menjadi Presiden RI pertama yang memimpin Rakornas TPID.

Dalam sambutannya, Presiden RI menyampaikan pentingnya pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun tidak kalah pentingnya adalah menjaga inflasi.

"Untuk itu, setiap daerah di Indonesia harus mengendalikan inflasi secara serius. Salah satunya dengan mengidentifikasi penyebab inflasi di daerah masing-masing," terang Jokowi.

Rakornas TPID juga menegaskan tiga hal penting. Pertama, mempertegas komitmen daerah dalam menjaga stabilitas harga dengan mewujudkan strategi 4K (Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, Komunikasi yang efektif).

Kedua, melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan mewujudkan kedaulatan pangan di daerah. Upaya ini dilakukan melalui kemudahan perizinan, optimalisasi alokasi APBD, dan melakukan pengawasan intensif pada distribusi sarana produksi pertanian, dan merealisasikan pembenahan rantai distribusi. Ketiga, melakukan penajaman langkah Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan anggaran.

Rakornas VI TPID diikuti oleh 432 TPID dari 34 provinsi dan 398 kabupaten/kota. Jumlah ini lebih banyak dari Rakornas tahun sebelumnya, yang diikuti oleh 233 TPID. Pelaksanaan Rakornas TPID bertujuan merumuskan arah strategi pengendalian inflasi di daerah, dalam rangka mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement