Rabu 13 May 2015 14:50 WIB

Pertamina Dukung Indonesia Kembali Masuk OPEC

Rep: c85/ Red: Esthi Maharani
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto memberikan keterangan mengenai kinerja pertamina kuartal I/2015 di Jakarta, Rabu (29/4).  (Republika/Prayogi)
Foto: Republika/Prayogi
Dirut Pertamina Dwi Soetjipto memberikan keterangan mengenai kinerja pertamina kuartal I/2015 di Jakarta, Rabu (29/4). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto mendukung rencana pemerintah untuk membawa kembali Indonesia bergabung dengan Organisasi Negara Eksportir Minyak atau OPEC. Dwi menilai, dengan bergabung ke dalam OPEC Indonesia bisa mendapat produk minyak dengan harga yang lebih menguntungkan.

"Itu akan membantu Pertamina mendapatkan the right product and the right price," ujar Dwi, Rabu (13/5).

Bentuk keanggotaannya nanti, meskipun untuk tahap pertama sebagai observer, Dwi menilai dengan dekat dengan pemain pasar maka Indonesia bisa lebih mengikuti update terbaru pasar.

"Itu kan sebuah pemikiran dimana kita sbg observer disitu, paling ndak kan. Kita bisa tahu update dengan kondisi-kondisi terbaru lalu juga kita bisa mengembangkan networking dengan para pelaku disana dan juga produsen," ujar Dwi.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengutarakan niatnya untuk bergabung lagi dengan OPEC. Sebagai tahap awal, Indonesia akan menjadi observer. Meski tidak mengekspor minyak, Sudirman menilai tidak masalah untuk bisa bergabung dengan OPEC karena indonesia masih mengekspor gas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement