Senin 04 May 2015 10:23 WIB

Pasar AS Masih Minati SUV

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Satya Festiani
Chrysler SUV 2014 Jeep Grand Cherokee
Foto: chrysler
Chrysler SUV 2014 Jeep Grand Cherokee

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Dari penjualan sejumlah produsen mobil, pasar AS masih berminat pada SUV dan pick up di antara jenis-jenis mobil yang ada.

General Motors, Ford, Fiat Chrysler dan Nissan menyampaikan penjualan mereka pada April 2015 ini didominasi SUV. Ini sejalan dengan sejumlah analisis industri otomotif yang memprediksi kenaikan penjualan mobil SUV akan mencapai enam persen.

General Motors mencetak peningkatan penjualan 5,9 persen yang disumbang dari penjualan SUV kecil dan sedang. Produsen mobil asal Detroit ini berhasil menjual 29 ribu unit mobil dan truk sepanjang April lalu, demikian dilansir The Associated Press, Ahad (3/5).

Chevrolet Equinox SUV sedang juga meroket penjualannya hingga 42 persen dengan unit yang terjual mencapai 29 ribu. Begitu pula dengan Buick Encore SUV kecil yang terjual 5.600 unit, meningkat 29 persen. Chevrolet Silverado pickup juga terjual 46 ribu unit, naik delapan persen.

Fiat Chrysler U.S. juga menanjak enam persen berkat larisnya penjualan jeep kecil dan SUV ukuran sedang. Fiat Chrysler terjual lebih dari 189 ribu unit. Ini rekor terbaik sepanjang penjualan sejak 2007 lalu.

Ford Motor Co pun mencatatkan peningkatan penjualan hingga lima persen, kenaikan paling signifikan dibanding sembilan tahun lalu. Ford Edge SUV berhasil terjual 13 ribu unit dan Ford Escape SUV terjual 2 ribu unit.

Pabrikan mobil Jepang, Nissan, juga merasakan ramainya pembelian mobil di AS. Nissan berhasil menjual SUV kecil dan sedang hingga 110 ribu unit atau naik 5,7 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement