Jumat 24 Apr 2015 10:30 WIB

Manajer Investasi Pengaruhi Hasil Reksa Dana

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Satya Festiani
Reksa dana
Foto: beginnersinvest.com
Reksa dana

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Manajer  investasi bisa menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dari investasi mereka sendiri. Mereka ternyata bisa bekerja lebih baik ketimbang investor profesional sekalipun, berdasarkan penelitian dari sarjana bisnis di Michigan State University.

Studi pertama ini menganalisis portofolio pengelola reksa dana dan menemukan banyak manajer investasi yang hebat berhasil mengalahkan investor profesional. Individu investor mungkin lebih suka menangani portofolio investasi mereka sendiri ketimbang membayar biaya terlalu tinggi yang dibebankan pengelola reksa dana.

"Intinya adalah manajer investasi merupakan orang-orang terdidik yang seharusnya tahu apa yang mereka lakukan," kata peneliti dari University of Notre Dame, Simonov, dilansir dari Science Daily, Jumat (24/3).

Simonov mengatakan mencetak keberhasilan di pasar reksa dana adalah pekerjaan sulit. Namun, sedikit sekali manajer investasi profesional yang berbakat mengolah investasi reksa dana.

"Meski demikian, ada sebagian kecil manajer investasi yang berbakat, namun investor biasa mungkin tidak mampu berinvestasi dengan mereka," kata Simonov.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement