Jumat 17 Apr 2015 15:29 WIB

Rel Kereta Api Palembang-Jambi Dibangun 2015

Rep: Maspril Aries/ Red: Satya Festiani
Menhub Ignasius Jonan
Foto: antara
Menhub Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah segera merealisasikan pembangunan jaringan rel kereta api yang menghubungkan dua provinsi, Sumatera Selatan – Jambi sebagai bagian dari Trans Sumatera Railway. Rencana tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan kerja ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, Jumat (17/4).

“Kereta api Trans Sumatera tetap jalan, harus tahun ini juga,” kata Menteri Perhubungan usai bertemu Gubernur Alex Noerdin di kantor Gubernur Sumsel.

Menurut Ignasius Jonan, Kementerian Perhubungan meminta Gubernur Sumatera Selatan dan Gubernur Jambi untuk membantu pengerjaan persiapan pembangun jaringan rel antara Palembang – Jambi yang panjangnya sekitar 216 Km.

Selain pembangunan rel kereta api antara Palembang – Jambi, menurut  Menhub Ignasius Jonan, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan jaringan rel kereta api di Sumatera Selatan untuk memperlancar angkutan penumpang dan barang diantaranya angkutan batu bara.

“Harus dipacu diantaranya pembangunan rel kereta api ganda dari stasiun Prabumulih menuju Tanjung Enim yang sekarang sedang dilaksanakan. Pembangunan rel ganda akan memperlancar angkutan batu bara menggunakan jasa angkutan kereta api rangkaian panjang (babaranjang red.) dan bisa meningkatkan kapasitas produksi batu bara,” katanya.

Menhub juga meminta angkutan kereta api penumpang dari stasiun Kertapati di Palembang menuju stasiun Tanjung Karang di Lampung dan stasiun Lubuklinggau bisa dimaksimalkan lagi supaya penumpang semakin nyaman. “Nantinya stasiun tersebut akan kita perbaiki supaya semakin bagus,” ujarnya.

Rencana pembangungan Trans Sumatera Railway untuk rel kereta api Palembang – Jambi telah menjadi rencana pembangunan dari masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Selatan empat tahun lalu, waktu itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Amida S. Alisjahbana mengungkapkan rencana pembangunan jaringan rel kereta api dari Palembang – Jambi – Pekanbaru dan Palembang – Lampung.

Untuk jaringan rel kereta api Palembang – Jambi panjanganya sekitar 216 Km dan Palembang – Lampung sepanjang 170 Km.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement