Kamis 09 Apr 2015 19:45 WIB

Telkom Bangun 600 WiFi Corner se-Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kantor PT Telkom.
Foto: Telkom
Kantor PT Telkom.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — PT Telekomunikasi Indonesia Tbk telah mengoperasikan Wifi corner di berbagai tempat fasilitas umum di Jabar. Dengan Wifi corner ini, masyrakat Jabar semakin dimudahkan dalam mengakses internet berkecepatan tinggi hingga 100 megabyte per second (Mbps).

Menurut Kepala Telkom Jabar, Suparwiyanto, saat ini sudah ada 600 lokasi venue Wifi corner yang dilengkapi 1.000 akses point (AP) di seluruh Jabar. Sebarannya, di antaranya Bandung 270 Wifi corner (470 AP), Cirebon 110 Wifi corner (200 AP), Karawang 40 Wifi corner (80 AP), Sukabumi 80 Wifi corner (120 AP) dan Tasikmalaya 100 Wifi corner (130 AP).

‘’Targetnya, tahun ini Telkom Jabar bisa membangun 1.000 Wifi Corner,’’ ujar Suparwiyanto kepada wartawan, Kamis (9/4).

 Wifi corner, kata Suparwiyanto, merupakan lokasi akses internet yang disiapkan Telkom untuk dipakai oleh masyarakat umum. Tujuan Wifi corner, untuk memudahkan dan mendekatkan akses internet kepada masyarakat Jabar. Ini dilakukan, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi dunia yang berbasis internet.

Keberadaan Wifi corner ini juga, kata dia, sebagai bentuk dukungan Telkom kepada pemerintah dalam melaksanakan program pemerataan akses internet. Ia berharap, bisa meningkatkan kesejahteraan, kecerdasan, dan kemudahan bangsa Indonesia.

Khususnya, dalam berkomunikasi dan memanfaatkan teknologi informasi. Wifi corner ini, ditempatkan di area-area public yang mudah terjangkau oleh masyarakat. Juga, di seluruh kantor Telkom yang memiliki ruang public.

‘’Kami menempatkan Wifi corner ini, di tempat-tempat nongkrong, mal, café, dan lainnya,’’ katanya.

Wifi corner, kata dia, dipasang di beberapa kota besar di Jabar seperti Bandung, Cirebon dan Sukabumi dengan pertimbangan karena user nya banyak. Selain itu, dilihat juga dari sisi ekonomi, aspek sosialisasi, dan komersialisasi.

Wifi corner ini, kata dia, merupakan program lanjutan dari program layanan akses internet wifi id yang telah terpasang di 4.000 venue. Ini, dilengkap instalasi 12.000 akses point (AP) dengan kecepatan up to 10 mbps di Jabar. ‘’Hingga akhir tahun, kami menargetkan titik wifi id di Jabar bisa menginstalasi 20.000 akses point,’’ katanya.

Menurut Suparwiyanto, ada sejumlah cara yang bisa digunakan masyarakat agar bisa mengakses internet di titik wifi corner. Di antaranya, dengan menggunakan flash zone seamless yang sangat mudah dan murah bagi pelanggan yang mempunyai kartu akses Telkomsel atau dengan spin card.

Yakni, kartu perdana yang berisi username dan password yang bisa digunakan untuk login akses internet broadband di speedy instant, speedy hotspot, maupun Indonesia wifi id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement