Sabtu 04 Apr 2015 11:18 WIB

Pertamina Sumbang Gedung Perpustakaan untuk Cilamaya

Rep: c85/ Red: Dwi Murdaningsih
perpustakaan di UMS
Foto: UMS
perpustakaan di UMS

REPUBLIKA.CO.ID, CILAMAYA - PT Pertamina (persero) membangun satu unit gedung perpustakaan bagi siswa sekolah dasar di pelosok Cilamaya, Karawang, Jawa Barat. Gedung perpustakaan berukuran 10 x 8 meter tersebut dilengkapi dengan fasilitas taman bacaan dengan berbagai bahan baca yang sesuai dengan anak-anak. Bantuan gedung perpustakaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan CSR Pertamina untuk SDN Cilamaya Girang di Jawa Barat. 

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam yang mewakili jajaran direksi Pertamina. Syamsu menilai fasilitas di SD Negeri Cilamaya Girang masing memrihatinkan sehinggga perlu adanya upaya pembenahan.

"Semoga bermanfaat. Anak-anak bisa belajar lebih baik. Bagaimanapun mereka adalah masa kita," ujar Syamsu. 

Selain bantuan berupa gedung perpustakaan dan kelengkapannya, Pertamina juga membantu perbaikan gedung SD. Desa Cilamaya Girang terletak di Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang sebelah barat, yang dibatasi Sungai Cilamaya dengan Kabupaten Karawang. Blanakan memiliki 9 desa dengan jumlah penduduk se­kitar 64.000 jiwa.   Sementara Cilamaya Girang  merupakan  salah satu desa nelayan.

Di desa pesisir utara inilah Pertamina melalui PHE ONWJ menunjukkan komitmennya memperbaiki tingkat kehidupan masyarakat dengan menjadikan Desa Cilamaya Girang  sebagai desa binaan.

Syamsu menambahkan, sebagai wilayah yang ter­pencil dan sangat sulit untuk diakses, desa tersebut masih perlu mendapat perhatian. Saat ini SDN Cilamaya Girang memiliki 227 pelajar  dan 6 guru dengan tingkat penerimaan murid 40 orang per tahunnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement