Sabtu 04 Apr 2015 01:57 WIB

Batu Akik Bantu Ekonomi Masyarakat

Bahan baku batu akik
Bahan baku batu akik

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi menyatakan kerajinan batu akik membantu pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Saat ini, kondisi perekonomian masyarakat melemah sebagai dampak harga timah dan komoditas perkebunan yang mengalami penurunan yang drastis," kata Rustam Effendi, usai membuka kontes batu akik di Pangkalpinang, Jumat (3/4).

Namun demikian, kata Rustam Effendi, kerajinan batu akik yang semakin marak dan "booming" dapat membantu perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah, kehadiran batu akik ini menjadi pekerjaan baru bagi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan keluarganya," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia, kerajinan batu akik ini juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan kontes batu akik ini dapat mempromosikan potensi-potensi pariwisata lainnya ke tingkat nasional dan internasional, pada akhirnya minat wisatawan berkunjung ke daerah akan semakin tinggi," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan terus mengembangkan usaha kreatif masyarakat ini, melalui pelatihan, pembinaan dan promosi ke tingkat nasional dan internasional.

"Kami berharap kerajinan batu akik ini tidak bersifat sementara saja, tetapi terus berkembang dan menjadi salah satu potensi unggulan daerah ini," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement