Jumat 03 Apr 2015 07:40 WIB

Wow, Kopi Indonesia akan Diboyong ke Amerika Serikat

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
  Pekerja memanen kopi varietas Robusta di Desa Muneng, Candiroto, Temanggung, Jateng, Rabu (17/7).
Foto: Antara
Pekerja memanen kopi varietas Robusta di Desa Muneng, Candiroto, Temanggung, Jateng, Rabu (17/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menjadi salah satu negara yang ikut ambil bagian dalam pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA), yang akan berlangsung pada 9-12 April 2015 di Seattle. Pameran ini merupakan wadah promosi kopi yang efektif di Amerika Serikat.

Atase Perdagangan Indonesia untuk Amerika Serikat, Ni Made Ayu Marthini mengatakan, rencananya Indonesia akan menghadirkan 39 jenis kopi spesial yang berasal dari Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Flores, dan Papua. Jenis kopi yang akan dipamerkan diantaranya Flores Arabica Manggarai, Sulawesi Arabica Toraja, Bali Arabica 'Kintamani Natural', dan Sumatera Arabica 'Lintong Boemi Coffee'.

"Kami berencana mengajak para roaster, importir, dan buyers yang hadir di SCAA untuk berpartisipasi dalam kegiatan coffee cupping," ujar Made dalam rilis yang diterima ROL, Jumat (3/4).

Selain itu, dalam pameran tersebut juga akan diputar film tentang kopi yang berjudul Biji Kopi atau Aroma of Heaven yang disutradarai oleh Budi Kurniawan. Made mengatakan, saat ini di Amerika Serikat sedang muncul tren para roaster membeli kopi dengan cara mengunjungi langsung perkebunan kopi ke negara-negara sekitar.

Melalui pemutaran film tersebut, Made berharap bisa menunjukkan sistem perkebunan kopi di Indonesia sehingga menarik minat para roaster. "Melalui media promosi visual ini diharapkan para buyers akan tertarik untuk berkunjung ke perkebunan kopi di Indonesia," kata Made.

Kegiatan paralel lainnya yang akan dilakukan delegasi Indonesia diantaranya forum bisnis, dan kunjungan ke kantor pusat Starbucks dan pabrik Boeing. SCAA merupakan asosiasi kopi terbesar di dunia dengan jumlah anggota sekitar tiga ribu perusahaan. Setiap tahun, SCAA mengadakan pameran yang dilakukan secara bergilir di East Coast dan West Coast.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement