Selasa 31 Mar 2015 10:00 WIB

Lima Tahun, Ekspor Toyota Indonesia Naik 500 Persen

Rep: Niken Paramita/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pabrik Toyota di Indonesia diharapkan bisa terus menghasilkan mobil ekspor.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pabrik Toyota di Indonesia diharapkan bisa terus menghasilkan mobil ekspor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam lima tahun, Toyota Indonesia berhasil catatkan peningkatan ekspor kendaraan utuh (CBU) hingga 500 persen. Dari 30 ribu unit ditahun 2009 menjadi 160 ribu unit ditahun 2014. Lompatan ini, diakui, diraih dengan adanya ekspansi ke negara tujuan baru dan jenis produk ekspor yang semakin beragam.

Dimulai tahun 2010, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengekspor mesin utuh berbasis bio-ethanol ke Argentina sebanyak 600 unit per bulan. Ekspansi ekspor berikutnya dilakukan pada tahun 2013, dengan memperluas negara tujuan ekspor IMV series (Fortuner dan Kijang Innova) ke negara-negara di kawasan Amerika Latin serta Kepulauan Karibia sebanyak 600 unit per bulan.

Pada tahun 2014 lalu, secara berturut-turut kinerja ekspor semakin meningkat. Kendaraan LCGC, Agya, mulai mengaspal ke Filipina dengan volume pertamanya 500 unit perbulan. Berikutnya, Toyota mulai mengekspor Vios dengan jumlah yang cukup signifikan, yakni 1.500 hingga 3.500 unit perbulan. Melengkapi performa ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota, Avanza merambah pasar Timur Tengah mulai April 2014 dengan volume sekitar 500 unit per bulan.

    

“Sebagai perusahaan manufaktur yang berorientasi ekspor, kami selalu berupaya untuk dapat menciptakan daya saing guna memenangkan persaingan di pasar global yang semakin ketat,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Untuk mendukung upaya peningkatan kedalaman industri, TMMIN memiliki lima fasilitas produksi yang berada di kawasan Sunter dan Karawang. Di area Sunter terdapat dua pabrik, yaitu Pabrik Sunter 1 yang merupakan pabrik pembuatan mesin dan pabrik pengepakan untuk komponen yang diekspor. Satu pabrik lainnya adalah Pabrik Sunter 2 yang merupakan pabrik pengecoran blok mesin serta pengepresan bodi kendaraan. Pabrik ini merupakan pabrik pengecoran pertama di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement