Kamis 12 Mar 2015 15:31 WIB

Jokowi: Wirausaha Bisa Tingkatkan Ekonomi Nasional

Presiden Jokowi.
Foto: Antara
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan peran wirausahawan dalam sektor bisnis mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi nasional.

"Saya optimistis ekonomi negara ini akan besar, kalau wirausahawan maju. Juga diberikan peluang seluas-luasnya untuk mengembangkan usahanya," kata Joko Widodo, dalam acara "Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri" yang dihadiri 3.500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, Kamis (12/3).

Sebagai negara yang besar, katanya, Indonesia tentu memiliki peluang yang besar, namun juga berisiko menjadi sasaran pangsa pasar bagi pihak asing.

Menurut Jokowi, orang asing memandang Indonesia sebagai sebuah pasar yang harus diserang dan diduduki, dan mengimbau agar pelaku usaha lokal menahan hal tersebut.

"Tapi kita (wirausahawan), jangan mau agar pasar kita diambil alih oleh pengusaha-pengusaha dari negara yang lain. Oleh sebab itu, kuasai lah terlebih dahulu pasar kita sendiri," ujarnya.

Presiden juga turut memuji peran aktif pengusaha muda yang mampu mengolah potensi bisnis hingga menjadi sebuah produk berkualitas. Jokowi merasa senang dengan giatnya para pengusaha muda yang mampu memanfaatkan peluang kecil, ditambah dengan inovasi bisnis yang jauh lebih beragam jika dibandingkan dengan jenis usaha masa lalu.

"Saya pesan, jika mau masuk ke bidang usaha jangan terlalu banyak berpikir. Jadi bagi mahasiswa, tidak usah takut. Coba saja dulu, jika jatuh harus bangkit lagi," ujar Jokowi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement