Selasa 03 Mar 2015 16:19 WIB

DPRD NTB Desak PT Newmont Segera Bangun Smelter

Rep: C75/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau , Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Tambang terbuka milik PT Newmont Nusa Tenggara di Batu Hijau , Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB mendesak agar PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) segera membangun smelter di wilayah provinsi NTB. Pasalnya, pembangunan tersebut bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat.

"Bicara secara fair, semakin cepat dibangun maka semakin baik. Dan apapun yang terjadi, smelter tetap harus dibangun di NTB, "ujar Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi kepada wartawan di kompleks DPRD NTB, Selasa (3/3).

Menurutnya, dengan dibangunnya smelter di wilayah NTB maka bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat. Dari sisi tenaga kerja, termasuk bahan baku.

Namun, ia menuturkan, pihaknya belum mengetahui sejauh mana kemampuan PT Newmont dalam membangun smelter di NTB. Pasalnya, pembangunan smelter membutuhkan investasi yang besar mencapai triliunan.

Mori mengatakan jangan sampai biaya pembangunan smelter yang besar. Namun, tidak ditunjang dengan produksinya yang besar. "Dewan belum sampai melihat hal itu," ungkapnya.  

Ia menuturkan, pihaknya sampai saat ini belum berencana mendorong audiensi dengan PT Newmont. Namun, akan segera melakukan kajian sejauh mana, PT Newmont bisa melakukan pembangunan smelter di NTB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement