Senin 23 Feb 2015 15:39 WIB

Saham Tokyo Mencapai Rekor Tertinggi 15 Tahun

 Seorang pria berdiri di depan papan elektronik Nikkei 225 index di Tokyo.
Foto: AP//Itsuo Inouye
Seorang pria berdiri di depan papan elektronik Nikkei 225 index di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Bursa saham Tokyo berakhir naik 0,73 persen pada Senin, mencapai tertinggi baru dalam 15-tahun didukung berita bahwa para menteri zona euro sementara setuju memperpanjang "bailout" Yunani selama empat bulan, memberikan beberapa ruang bernapas penting. Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo bertambah 134,62 poin menjadi ditutup pada 18.466,92, setelah mencapai penutupan terbaik sejak 2000 pada pekan lalu. Indeks Topix dari seluruh saham papan utama naik 0,17 persen, atau 2,50 poin, menjadi 1.502,83.

"Yunani telah diberi penyelamat, sekalipun hanya jangka pendek, yang memberikan dorongan positif ke pasar," Ayako Sera, analis pasar di Sumitomo Mitsui Trust Bank, mengatakan kepada Bloomberg News.

Pada Jumat (22/2), saham-saham AS melesat ke rekor baru setelah zona euro secara kondisional memberi Yunani perpanjangan "bailout" atau dana talangan, meredakan kekhawatiran atas masa depannya di zona euro. Dana talangan Yunani akan diperpanjang selama Athena menetapkan komitmen reformasi penting pada Senin, kepala Eurogroup Jeroen Dijsselbloem mengatakan setelah pertemuan dengan para menteri keuangan di Brussel.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement