Selasa 17 Feb 2015 17:00 WIB

BCA Finance Terbitkan Obligasi Rp 1 Triliun

BCA finance
Foto: bca
BCA finance

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BCA Finance akan menerbitkan obligasi dengan mekanisme penawaran umum berkelanjutan II dengan tingkat bunga tetap tahap I 2015 dengan jumlah pokok sebesar Rp 1 triliun untuk digunakan sebagai modal kerja kegiatan usaha pembiayaan.

"Kami optimistis obligasi BCA Finance akan diserap investor seiring dengan rekam jejak perusahaan yang baik sehingga mendapatkan peringkat obligasi yang bagus," ujar Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim di Jakarta, Selasa (17/2).

Roni Haslim memaparkan bahwa obligasi BCA Finance mendapatkan peringkat AAA (triple A) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan PT Fitch Ratings Indonesia.

Ia mengatakan bahwa BCA Finance menargetkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor sebesar Rp 27 triliun pada tahun 2015 atau meningkat sekitar 22 persen dibandingkan pembiayaan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 22,4 triliun.

"Kami optimistis target pada tahun ini akan tercapai, pada tahun 2014 penyaluran pembiayaan kami menurun dibandingkan tahun 2013 yang sebesar Rp 26,7 triliun, penurunan itu karena 'by design' manajemen menyusul industri otomotif yang melemah karena faktor politik sehingga perusahaan menahan diri untuk menyalurkan pembiayaan," paparnya.

Ia memproyeksikan bahwa pada tahun ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang akan tumbuh sekitar 5,7 persen atau lebih tinggi dari tahun lalu akan mendorong penyaluran pembiayaan meningkat seperti pada tahun 2013 lalu. "Ada kemungkinan tahun 2015 ini penyaluran pembiayaan bisa kembali mencapai angka seperti tahun 2013," ucapnya.

Roni Haslim mengatakan bahwa BCA Finance akan melakukan berbagai inovasi, termasuk meluncurkan aplikasi "mobile apps" untuk mendukung kemudahan. Selain itu, pihaknya juga akan menurunkan bunga sebesar 0,5 persen sehingga dapat menarik minat kredit masyarakat di BCA Finance.

Penawaran umum berkelanjutan BCA Finance itu diterbitkan dalam tiga seri, yakni seri A memiliki tenor 370 hari dengan kupon sebesar 8,25 persen, seri B bertenor 24 bulan (8,5 persen), dan seri C bertenor 36 bulan (9 persen).

Dalam aksi korporasi ini, BCA Finance menunjuk PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, dan PT HSBC Securities Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi. Sementara bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Mega Tbk (MEGA).

Masa penawaraan awal obligasi itu mulai dilaksanakan pada 17 Februari-4 Maret 2015, perkiraan tanggal efektif dari OJK pada 17 Maret 2015. Masa penawaran obligasi pada 18-24 Maret 2015, dan penjatahan pada 25 Maret 2015. Kemudian, tanggal distribusi secara elektronik pada 27 Maret 2015, dan rencananya dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 30 Maret 2015.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement