Senin 09 Feb 2015 14:56 WIB

Ini Beberapa 'Mobnas' yang Pernah Diproduksi Anak Bangsa (Bagian 3)

Mobil listrik tipe city car di Balai Kota Bandung, Selasa (26/11).   (Republika/Edi Yusuf)
Mobil listrik tipe city car di Balai Kota Bandung, Selasa (26/11). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mobil nasional (mobnas) memasuki babak baru di Tanah Air. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara perusahaan mobil Malaysia, Proton, dan perusahaan otomotif Indonesia, PT Adi perkasa Citra Lestari (ACL), di Shah Alam, Malaysia, Jumat (6/2).

Sebelum adanya nota kesepahaman antara Proton Maayasia dengan PT ACL sebenarnya embrio mobil nasional sudah sempat bermunculan di Indonesia. Namun hingga kini mobil-mobil tak pernah lagi terlihat atau terdengar kabarnya.

17. Mobil Texmaco Macan

Selain memproduksi Truk Perkasa, PT Texmaco juga pernah meluncurkan kendaraan keluarg atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc. Hanya saja kendaraan ini tak pernah benar-benar hadir di jalanan karena PT Texmaco mengalami kebangkrutan.

18 Mobil Timor

Timor adalah kepanjangan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat. Mobil yang lahir dari Instruksi Presiden nomor 2 tahun 1996 ini sebenarnya versi berbeda dari KIA Sephia.

Mobil dalam proses penjualannya mendapat berbagai keistimewaan bahkan di bebaskan dari pajak dan bea. Sayangnya setelah mendapat hukuman dari WTO, Presiden Soeharto terpaksa menarik inpres dan keppres terkait mobil nasional.

19. Mobil Bimantara

Selain Timor, Indonesia juga pernah memiliki Bimantara yang dimiliki Bambang Trihatmodjo (putra mantan Presiden Soeharto). Ketika itu Bimantara menggandeng Hyundai, perusahaan otomotif asal Korea Selatan dan merilis Cakra dan Nenggala.

20. Mobil Bakrie Beta 97MPV

Grup Bakrie ternyata pernah menyiapkan kendaraan purwarupa yang memiliki nama Beta 97MPV. Bahkan kendaraan keluarga atau MPV ini benar-benar sudah dibuat dan di uji coba di Inggris. Sayangnya belum sempat keluar, Indonesia mengalami krisis ekonomi. Bakrie pun membatalkan produksi kendaraan ini.

21. Mobil Kalla Motor

Kalla Motor, perusahaan milik keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla ternyata pernah menciptakan kendaraan purwarupa berkapasitas 500 CC.

22. Mobil MR 90

PT Indomobil, ketika itu ATPM Mazda, pernah mengeluarkan MR 90 yang merupakan reinkarnasi dari Mazda 323. MR 90 meluncur ke jalanan sekitar awal 90an dan model terakhir adalah Mazda Vantrend

23. Mobil Maleo

Mantan Presiden BJ Habibie yang ketika itu menjabat menristek pernah merancang sedan yang disebut Maleo. Bahkan untuk menciptakan mobil berkapasitas 1.200 cc ini, Indonesia sempat menggandeng perusahaan Australia. Sayang Maleo tak pernah diproduksi karena tertutup hingar bingar kehadiran Timor.

24. Mobil Tucuxi

Mobil listrik yang memiliki nilai hingga Rp 1,5 miliar ini sempat dipopulerkan Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Uji kemudi pun sempa dilakukan untuk mengetes kemampuan mobil listrik sport ini. Bahkan, Dahlan sempat menabrak tebing ketika test drive dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement