Senin 09 Feb 2015 13:52 WIB

Ini Beberapa 'Mobnas' yang Pernah Diproduksi Anak Bangsa (Bagian 2)

ampak depan mobil nasional Tawon Produksi PT Super Gasindo Jaya
Foto: SPORTKU
ampak depan mobil nasional Tawon Produksi PT Super Gasindo Jaya

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Mobil nasional (mobnas) memasuki babak baru di Tanah Air. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara perusahaan mobil Malaysia, Proton, dan perusahaan otomotif Indonesia, PT Adi perkasa Citra Lestari (ACL), di Shah Alam, Malaysia, Jumat (6/2).

Sebelum adanya nota kesepahaman antara Proton Maayasia dengan PT ACL sebenarnya embrio mobil nasional sudah sempat bermunculan di Indonesia.

Setelah sebelumnya membahas delapan nama pertama kendaraan karya anak bangsa, berikut ini beberapa mobil yang sempat dibuat bahkan diproduksi secara masal.

8. Mobil GEA

Kendaraan ini memiliki nama spesifik yang berasal dari baham bakarnya. GEA adalah singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Mobil berbahan bakar gas ini dibekali mesin kapasitas 650 cc.

9. Mobil Arina

 

Arina adalah singkatan dari Armada Indonesia. Mobil ini dproduksi dan dikembangkan anak bangsa yang berasal dari Universitas Negeri Semarang. Berkapasitas mesin 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70 km/jam.

10. Mobil Tawon

Mobil Tawon adalah salah satu mobnas yang cukup populer dan sempat diproduksi massal. Kendaraan berkapasitas 650 cc ini diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya. Mobil ini jua sering kali

11. Mobil Komodo

Seperti namanya, Mobil karya PT Fin Komodo Teknologi ini mampu digunakan baik di wilayah beraspal maupun medan off road.

12. Mobil Esemka

Nama Esemka begitu populer ketika dibawa oleh Presiden Joko Widodo ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo. Mobil diciptakan oleh para siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerjasama dengan perusahaan lokal. Sempat diproduksi dan digunakan sebagai kendaraan dinas, kini nama Esemka seakan-akan menghilang

13. Mobil Kancil

Kendaraan ini sempat mengaspal di jalan ibukota bahkan sempat menyaingi bajaj dan bemo. Kancil adalah singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik, Irit, Lincah, dan merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didesain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari).

Sayangnya kendaraan ini sekarang benar-benar sudah tinggal kenangan karena seakan-akan menghilang dari jalan ibukota. Selain itu Republika sendiri belum pernah mencoba menikmati menjadi penumpang kendaraan niaga ini.

14. Mobil Nuri

Nuri lahir bersamaan dengan saudaranya Tawon dan pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2010. Nuri adalah hatchback 5-pintu yang akan didukung dengan mesin 800cc dan menerapkan teknologi dual fuel (bensin dan LPG).

15. Truk Texmaco Perkasa

PT Texmaco pernah memproduksi truk yang memiliki kandungan lokal atau TKDN mencapai 90 persen. Truk bernama Perkasa ini dirakit dengan menggunakan beberapa merek internasional. Sekali lagi sayangnya truk ini menghilang seiring bangkrutnya PT Texmaco.

16. Mobil Gang Car

Tak hanya memproduksi pesawat, PT Dirgantara Indonesia ternyata pernah melahirkan kendaraan purwarupa Gang Car. Sesuai namanya kendaraan berkapasitas dua orang ini bisa berkelok-kelok dan memasuki gang-gang di sekitar rumah anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement