Jumat 23 Jan 2015 02:53 WIB

Kadin Minta Indonesia Tiru Arab Saudi dalam Kelola Minyak

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Julkifli Marbun
Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto mengatakan, seharusnya Indonesia mencontoh Saudi Arabia dalam mengelola blok-blok migasnya.

Di Arab, ujar Bambang, kalau  kontrak blok migas  selesai dengan  perusahaan Amerika, para pekerja Amerika diminta tidak pulang.

"Pemerintah Arab justru mempekerjakan mereka untuk mengelola blok minyaknya sehingga produksi minyak terus melimpah," ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, justru Arab diuntungkan sebab meskipun blok minyaknya dikelola Amerika, status kepemilikan tetap milik Pemerintah Arab.

"Jadi Amerika hanya dipekerjakan," katanya.

Indonesia, ujar Bambang, jangan menutup diri. "Orang asing kerja di tempat kita tidak apa-apa, asalkan kepemilikan 100 persen punya kita, apa salahnya memperkerjakan asing," ujarnya.

Sekarang para pekerja asing disuruh pergi, blok minyak yang dulu dikelola Caltex diambil alih orang yang tidak ahli. Makanya produksi minyak malah menurun.

"Mendingan kita gaji orang-orang barat itu untuk mengelola blok minyak kita. Namun kepemilikan kita harus 100 persen," katanya.

Pemikiran seperti ini, lanjut dia, harus dikembangkan. Di era globalisasi pola pikir usang sudah tidak laku lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement