Kamis 11 Dec 2014 02:27 WIB

UKM Penting Miliki Identitas Online

Rep: C67/ Red: Yudha Manggala P Putra
Belanja online
Foto: connectnigeria.com
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Managing director RumahWeb, Yusuf Nurrachman mengatakan, internet memiliki manfaat yang luar biasa untuk menyampaikan informasi. Termasuk mengembangkan bisnis melalui internet.

Menurut Yusuf, internet bisa membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memulai bisnisnya. Melalui internet UKM juga dapat membantu untuk bersaing di pasar yang lebih kompetitif.

“Penting bagi UKM untuk memiliki identitas online di dunia digital saat ini,” ujar Yusuf pada acara media breafing “internet menempatkan dunia dalam genggaman” di Hotel Eastparc, Rabu (10/12).

Ia menilai masih minim UKM yang memanfaatkan internet sebagai media berbisnis. Padahal berdasarkan studi dari Verisign, sebesar 91 persen konsumen mencari produk melalui online.

Melalui internet, kata Yusuf, konsumen bisa lebih mudah dan cepat mencari informasi. Selain itu, jangkauan untuk bisa berinteraksi dengan para konsumen juga bisa lebih luas. Hal tersebut, menurut Yusuf, bermanfaat bagi dunia bisni, khususnya UKM dalam membangun kredibilitas. “sekaligus meningkat kepada jangkaun yang lebih potensial,” katanya.

Ia menjelaskan, memilih nama domain ketika bisnis membangun identitas online harus dengan tepat. Dalam hal ini, Yusus mengatakan, domain .com merupakan standar yang paling diakui lebih luas dari 113 domain yang terdaftar global.

Ia menambahkan, sebanyak 88 ribu atau 40 persen diseluruh Indonesia tentang UKM yang memanfaatkan internet sebagai sarana promosi di bawah pengelolaan RumahWeb. Untuk di Yogyakarta hanya sekitar 900 UKM. Keadaan tersebut, lanjut Yusuf, sangat disayangkan masih minimnya UKM memanfaatkan internet.

Dalam kesempatan yang sama, Herlin Dwi, Managing Director JogjaCamp menambahkan, membangun identitas online banyak aspek yang perlu dipertimbangkan bagi UKM. Menurutnya,  memilih domain tepat merupakan langkah awal dalam membangun identitas online. “Jadi membutuhkan lebih dari sekedar website,” katanya, Rabu (10/12).

Domain .com, kata Herlin, salah satu yang memiliki biaya rendah untuk dibeli. Domain yang tepat, menurut Herlin, dapat menjadi investasi paling berharga bagi produk bisnis agar bisa lebih dikenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement