Kamis 04 Dec 2014 16:15 WIB

DPR: Pemerintah Harus Kampanyekan Hemat Energi

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kardaya Warnika
Foto: antara
Kardaya Warnika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sumber daya migas nasional terus mengalami penurunan produksi, berlawanan dengan tren kebutuhan energi fosil yang terus merangkak naik. Ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika mengatakan bahwa pemerintah harus segera mengampanyekan penghematan energi.

Hal ini, menurut Kardaya, sebagai solusi atas semakin menyusutnya energi fosil nasional. "Kita harus melakukan penghematan, karena kita boros dan pengembangan energi terbarukan," jelas Kardaya, Kamis (4/12).

Selain penghematan, Kardaya juga mendorong agar konversi energi dari energi fosil ke energi terbarukan juga dilakukan. Menurutnya, konversi dilakukan karena potensi implementasinya besar. "Dan saat ini sangat boros. Biaya lebih murah dibanding menambah kapasitas baru," lanjut Kardaya.

Langkahnya, menurut Kardaya, adalah dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi gerakan penghematan energi, meningkatkan pelaksanaan kewajiban audit energi, dan penunjukan pengawas energi.

"Pengembangan energi terbarukan dilakukan karena potensi sangat besar. Kebutuhan dana tidak besar dibanding kalau mengembangkan instalasi energi fosil. Peralatan juga banyak diproduksi dalam negeri," jelas  Kardaya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement