Senin 24 Nov 2014 22:05 WIB

Siap Jadi Pelopor Konversi ke BBG, ini Langkah PGN

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
  Antrian kendaraan yang mengisi bahan bakar gas di salah satu SPBG, Jakarta
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Antrian kendaraan yang mengisi bahan bakar gas di salah satu SPBG, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebagai BUMN gas, PGN selalu siap menjadi pelopor dan garda terdepan dalam program konversi BBM ke BBG. Salah satunya dalam konversi BBM ke BBG untuk transportasi.

"PGN siap selalu menjadi pelopor dan garda terdepan dalam konversi BBM ke BBG itu," kata Juru Bicara PGN Irwan Andri Atmanto. PGN kata Irwan mendukung upaya dari Kementerian Perekonomian dalam upaya perluasan dan perbanyakan SPBG.

Dengan harga BBG yang jauh lebih murah dibanding BBM, tentunya BBG menjadi energi alternatif bagi masyarakat untuk menggerakkan roda kendaraan bermotornya.  Dalam memperbanyak pembangunan SPBG, PGN msngembangkan stasiun pengisian bahan bakar yang diberi nama SPBT atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Terintegrasi.

Di dalamnya berisi pengisian bahan bakar baik itu untuk BBM maupun BBG.  "Dengan SPBT ini bisa menjadi solusi untuk percepatan infrastruktur BBG," kata Irwan.

PGN kata Irwan menggandeng pemilik SPBU yang lokasinya berdekatan dengan pipa distribusi gas PGN. "Dari pemantauan kami, sampai saat ini ada sekitar 73 SPBU di Jakarta yang lokasinya berdekatan dengan pipa PGN. Nantinya di SPBU itu akan dipasang dispenser BBG sehingga masyarakat pemilik mobil pengguna BBG bisa mengisi BBG di sana," kata Irwan.

SPBT ini kata Irwan menjadi peluang bisnis yang besar bagi pemilik SPBU seiring dengan kebijakan pemerintahan Jokowi JK yang menggenjot program konversi BBM ke BBG. Apalagi setelah pemerintah menaikkan harga BBM subsidi maka peluang bisnis BBG bagi pemilik SPBU menjadi makin menggiurkan.

"Kami siap menjadi mitra bisnis bagi teman-teman pemilik SPBU, kata Irwan. Kerjasama saling menguntungkan antara PGN dan pemilik SPBU dalam proyek SPBT ini tentunya akan makin berjalan baik dengan adanya dukungan dari semua pihak antara lain dari pemerintah sebagai regulator.

Saat ini PGN menyuplai gas untuk 14 SPBG mitra PGN di Jakarta. PGN juga mengoperasikan 7 SPBG dan MRU (Mobile Refueling Unit) di Jakarta, Bekasi, Bogor, Surabaya dan juga sedang menyelesaikan tahap final di Batam.

Tahun ini PGN menargetkan menyelesaikan 16 SPBG. Dan tahun depan kita siap mrnjadi garda terdepan dalam penyediaan infrastrujtur SPBG ini. Terkait jumlahnya semakin banyak semakin baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement