Senin 03 Nov 2014 14:26 WIB

Kiprah Sang ‘Gerbang’ Asia Timur (3)

Menara Taipei 101 di Taipei, Taiwan.
Foto: Reuters/Daniel Shih/ca
Menara Taipei 101 di Taipei, Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain NDC, peran TIER dalam pembangunan Taiwan juga tak bisa dianggap remeh. Institut yang didirikan pada 1 September 1976 ini termasuk lembaga think tank swasta independen pertama di Taiwan.

Lembaga ini terlibat aktif dalam penelitian ekonomi domestik dan luar negeri. Lembaga ini juga memberikan konsultasi kepada pemerintah dan perusahaan serta mempromosikan pembangunan ekonomi Taiwan.

Saat ini, TIER telah berkembang pesat dan menghasilkan sejumlah penelitian penting bagi Taiwan. Selain itu, TIER melakukan upaya bersama dengan NDC dalam membantu program-program Kementerian Ekonomi Taiwan (MOEA).

“Untuk itulah, menjelang KTT APEC 2014 mendatang, kami dilibatkan oleh Pemerintah Taiwan sebagai konsultan ekonomi,” kata Peneliti TIER, Wayne Chen.

Investasi Taiwan

Perdagangan luar negeri merupakan sumber utama ekonomi Taiwan. Karenanya, Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan berusaha keras menghidupkan sektor ini dengan melakukan promosi dan menjalin kerja sama ekonomi dengan sejumlah negara.

Salah satu tugas penting biro ini dalam menghadapi KTT APEC 2014 di Cina adalah memperluas jangkauan perdagangan dan investasi. Saat ini Taiwan telah menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi dengan 39 negara.

Direktur Jenderal Biro Perdagangan Luar Negeri Kementerian Ekonomi Taiwan, Jen-Ni Yang, mengungkapkan, lembaga yang ia pimpin bertugas untuk memformulasikan sekaligus mengimplementasikan kebijakan dan regulasi perdagangan.

Selain itu, berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi internasional dan meningkatkan hubungan dagang dengan negara lain. “Dalam beberapa tahun terakhir, peran dan posisi Biro Perdagangan Luar Negeri telah mengalami serangkaian penyesuaian demi memenuhi kebutuhan ekonomi dan perdagangan internasional Taiwan,” jelas Yang.

Sejak terlibat di APEC, menurut Yang, Taiwan telah aktif berkontribusi  dalam pertemuan-pertemuan yang membahas pengembangan ekonomi regional dan mengambil inisiatif dalam hal perdagangan dan kerja sama teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement