Senin 03 Nov 2014 10:06 WIB

Mengukuhkan Kembali Semangat APEC (6-habis)

Para pemimpin negara-negara APEC.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara/ca
Para pemimpin negara-negara APEC.

Forum APEC

Terdiri 21 negara yaitu Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Amerika Serikat, Cina, Hong Kong, Taiwan, Meksiko, Papua Nugini, Chile, Peru, Rusia, dan Vietnam.

KTT APEC diadakan setiap tahun di negara-negara anggota. Pertemuan pertama organisasi APEC diadakan di Canberra, Australia pada 1989.

APEC menghasilkan "Deklarasi Bogor" (Bogor Goals) pada KTT 1994 di Bogor yang bertujuan untuk menurunkan bea cuka hingga nol dan lima persen di lingkungan Asia Pasifik untuk negara maju paling lambat tahun 2010 dan untuk negara berkembang selambat-lambatnya tahun 2020.

Fakta Angka APEC

  • Berjumlah 21 anggota.
  • Menguasai 56 persen PDB dunia.
  • 39,8 persen penduduk dunia ada di Asia Pasifik.
  • Total PDB 2011 mencapai 38,9 triliun.

Kesepakatan APEC 2013

  1. Melipatgandakan upaya untuk mencapai Bogor Goals pada 2020.
  2. Meningkatkan perdagangan intra APEC melalui fasilitasi perdagangan, pembangunan kapasitas, dan fungsi sistem perdagangan multilateral.
  3. Mempercepat pembangunan fisik, institusional, dan konektivitas people to people.
  4. Menegaskan kembali komitmennya untuk mencapai kekuatan yang seimbang, dalam hal pertumbuhan global, berkelanjutan, dan inklusif.
  5. Bekerja sama meningkatkan pangan regional, energi, dan sumber daya air.
  6. Memastikan sinergi APEC dan saling melengkapi dalam hal kerja sama multilateral dan regional lainnya, misalnya KTT Asia Timur dan G-20.
  7. Bekerja sama erat dengan sektor bisnis untuk mencapai tujuan perdagangan bebas dan terbuka, serta investasi. (Sumber: Pusat Data Republika/Sekretariat APEC 2013)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement