Kamis 30 Oct 2014 17:17 WIB

Jokowi Perintahkan 10 Kawasan Industri Dibangun di Luar Jawa

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil untuk membangun 10 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Hal itu dilakukan demi mempercepat pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pembangunan.

"Program dari pak presiden minimal pembangunan 10 kawasan industri di luar pulau jawa untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi," ujar Sofyan dalam konferensi pers usai rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Kamis (30/10).

Menurut Sofyan, pembangunan 10 kawasan industri akan menjadi program prioritas di Kementerian Perindustrian. Dengan dibangunnya kawasan industri baru di luar Jawa, kata dia, maka akan terbuka banyak lapangan pekerjaan baru. Sehingga diharapkan dapat menekan tingkat pengangguran.

Menteri Perindustrian Saleh Husein mengatakan, dalam membangun sepuluh kawasan industri baru tersebut, pemerintah akan menggandeng pihak swasta. Adapun daerah yang akan dibangun kawasan industri di luar Jawa, yakni Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Sumatera Utara.

Menurut dia, pembangunan kawasan industri tersebut sebenarnya sudah dilakukan oleh menteri sebelumnya. Sehingga, ia tinggal bertugas mempercepat pembangunannya. "Detailnya seperti apa, akan kami sampaikan nanti. Ini harus dipercepat, supaya dapat tercapai," ujar Saleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement