Selasa 28 Oct 2014 15:15 WIB

Menteri Ini Dukung Hutan untuk Pangan dan Energi

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Siti Nurbaya1
Foto: Tahta Aidila/Republika
Siti Nurbaya1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setidaknya ada tiga hal yang menjadi fokus pada kabinet kerja yang dipimpin presiden Joko Widodo. Fokus tersebut antara lain di bidang pangan, maritim dan energi. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan sektor-sektor yang menjadi prioritas ini bisa memanfaatkan sumber daya alam yang dikelola secara berkelanjutan.

Dia mengatakan pengelolaan harus dilakukan dengan porsi yang sesuai. Misalnya, pengelolaan hutan yang bisa dimanfaatkan untuk pangan dan energi. Ada peta-peta hutan yang bisa disepakati pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan pangan dan energi. Siti mengatakan telah ada lembaga-lembaga yang berfungsi untuk memetakan hutan yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan.

“Pencadangannya harus secara adil, misalnya pohon turi kita jadikan untuk bahan bakar,” kata dia, usai serah terima jabatan, Selasa (28/10).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang tahun 2013 Indonesia mencatat defisit neraca perdagangan di sektor minyak dan gas hingga 12,63 miliar Dollar. Defisit ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2012 yang hanya 5,58 miliar Dolar AS. Komoditas yang ada di hutan diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mengurangi defisit ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement