Rabu 22 Oct 2014 23:38 WIB

Peringkat Fitch Ratings untuk ASEI Reasuransi, BBB-

Rep: Friska Yolandha/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Fitch Ratings
Foto: topnews.in
Fitch Ratings

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mengafirmasi peringkat Insurer Financial Strength (IFS) dan Long-Term Issuer Default Rating (IDR) PT ASEI Reasuransi Indonesia (Persero) atau Asei Re masing-masing di 'BBB-'. Pada saat yang bersamaan, Fitch Ratings Indonesia juga mengafirmasi peringkat Nasional IFS dan peringkat Nasional Jangka Panjang masing-masing di 'AAA(idn)'. Outlook untuk semua peringkat adalah stabil.

Asei Re telah mengubah nama pada Juli 2014. Sebelumnya, perusahaan tersebut sebagai PT Asuransi Ekspor Indonesia.

Peringkat yang diberikan mencerminkan peran kebijakan khusus dari Asei Re sebagai satu-satunya penyedia asuransi ekspor untuk perusahaan nonminyak dan gas di Indonesia serta kepemilikan penuh pemerintah. Asei Re telah mempertahankan kapitalisasi yang kuat, dengan rasio kapitalisasi berbasis risiko (RBC) sebesar 422 persen pada akhir Maret 2014, jauh di atas persyaratan peraturan minimum sebesar 120 persen. "Kualitas kapitalisasi adalah baik tanpa rencana emisi pinjaman dalam jangka pendek," kata Analis Utama Fitch Wan Siew Wai dalam keterangannya, Rabu (22/10).

Premi bruto Asei Re telah tumbuh rata-rata lebih dari 30 persen per tahun selama lima tahun terakhir. Kinerja operasional perusahaan tetap sehat. Hal ini tercermin dalam rasio gabungan yang kuat dan berada di bawah 90 persen selama tiga tahun terakhir. Hal ini didukung oleh pengalaman klaim yang terkendali dan manajemen biaya yang efisien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement