Senin 08 Sep 2014 15:53 WIB

Biaya Operasional Mahal, Biaya Transaksi ATM Akan Naik

Rep: Satya Festiani/ Red: Esthi Maharani
Mesin ATM
Foto: Republika/Prayogi
Mesin ATM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perbankan akan menaikan biaya transaksi ATM dari Rp5000 menjadi Rp 7.500. Kenaikan tersebut disebabkan bertambah mahalnya biaya operasional dan harga ATM. Kenaikan biaya ATM telah didiskusikan oleh perbankan, Artajasa dan jaringan Prima. PT Bank Mandiri, Tbk mengakui akan menaikan biaya transaksi ATM pada 1 Oktober 2014.

Senior Vice President Electronic Banking Bank Mandiri Rahmat Broto Triaji mengatakan, kenaikan biaya interkoneksi antarbank ini disebabkan adanya pengaruh dari kenaikan inflasi, biaya maintenance dan juga biaya operasional ATM.

"Dalam 6-7 tahun terakhir, bank yang mempunyai ATM dan terkoneksi ATM bersama, perlu melakukan investasi dan mengeluarkan biaya operasional," ujarnya, Senin (8/9).

Ia menegaskan kenaikan biaya administrasi transaksi transfer beda bank bukan upaya perbankan untuk meningkatkan fee based income atau pendapatan berbasis jasa. Namun lebih kepada penyesuaian dari mahalnya biaya pengelolaan ATM, mahalnya pengelolaan uang tunai, biaya logistik dan kenaikan biaya distribusi uang.

"Pengelolaan ATM, pengelolaan uang tunai, biaya logistik, biaya distribusi untuk pengelolaan uang itu mahal. Sebab, mesin ATM tentu harus diisi dan hal itu memerlukan biaya. Biaya bensin saja tiap tahun naik, jadi wajar kalau biaya distribusinya naik," ujarnya.

Senior Executive Vice President Transactional Banking Rico Usthavia Frans mengatakan, satu unit ATM memiliki harga 7000-8000 dolar AS. Selain itu, biaya operasionalnya pun mahal. Bank Mandiri mengeluarkan Rp 16-17 juta per bulan untuk biaya amortisasi, telekomunikasi, dan pengisian uang.

"Kita ancang-ancang untuk jangka panjang, supaya bank-bank kecil mulai persiapan. Kalau tidak, bank yang atmnya banyak yang menanggung," ujarnya.

Bank Mandiri menargetkan untuk memiliki 15.500 unit ATM hingga akhir tahun. Saat ini pihaknya telah memiliki 12.500 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement